Rumah Adat Di Indonesia

Rumah adalah sebuah bangunan yang didirikan dan atau dibangun oleh manusia dalam kurung waktu tertentu dan dipergunakan sebagai tempat untuk berlindung dari terik matahari dan hujan serta beristirahat dan berlindung dari ancaman binatang buas.

Disamping fungsi tersebut terdapat juga istilah Rumah Adat tradisonal yang merupakan rumah yang dibangun dengan cara dan bentuk yang hampir sama dari generasi ke generasi dan tanpa atau sedikit sekali mengalami perubahan. 


Rumah adat tradisional merupakan rumah yang dibangun dengan memperhatikan kegunaan, serta fungsi sosial dan arti budaya dibalik corak atau gaya bangunan yang ada dimasing masing wilayah atau daerah. Penilaian kategori rumah adat tradisonal dapat juga dilihat dari kebiasaan - kebiasaan masyarakat ketika rumah tersebut didirikan misalnya seperti untuk upacara adat dan atau tanda suku tertentu.

Rumah adat tradisional ialah ungkapan bentuk rumah karya manusia yang merupakan salah satu unsur kebudayaan yang tumbuh atau berkembang bersamaan dengan tumbuh kembangnya suku dan kebudayaan dalam masyarakat disuatu wilayah tertentu. beragam hiasan arsitektur pada rumah adat tradisional merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. 

Rumah adat tradisional merupakan komponen penting dari unsur fisik dan cerminan budaya dan kecendrungan sifat budaya yang terbentuk dari tradisi dalam satu golongan suku dan atau masyarakat tertentu.

Rumah adat tradisional ialah hasil karya seni para aksitektur tradisional dalam rangka mencerminkan adat dan budaya mereka. Dari rumah adat tradisional itulah kemudian masyarakat dapat melambangkan cara hidup, ekonomi dan lain sebagainya. Di Indonesia setiap daerah mempunyai rumah adat tradisional yang beragam karena beragamnya budaya dalam setiap daerah yang ada di Indonesia seperti rumah adat jawa joglo, Rumah Krong Bade dari aceh , Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar Provinsi Riau, Rumah adat gadang , Rumah adat badui , rumah adat bolon dan berbagai macam rumah adat yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

No comments:

Post a Comment